Tanya Jawab

G-online & BANGGA

1. Apakah yang dimaksud dengan layanan G-online dan BANGGA?
G-online merupakan fasilitas layanan perbankan untuk nasabah Individu  Bank Ganesha melalui jaringan Internet yang nyaman, aman, dimana saja dan kapan saja yang dapat mempermudah penggunanya untuk melakukan kebutuhan transaksi perbankan Anda.

BANGGA merupakan aplikasi mobile dimana nasabah dapat melakukan kebutuhan transaksi perbankan. Selain terdapat fitur G-online yang merupakan fasilitas layanan perbankan untuk nasabah Individu Bank Ganesha,aplikasi BANGGA juga memiliki fitur Feed, Games, G-money dan Info seputar produk Bank Ganesha.

G-online dapat diakses melalui halaman web di https://ganeshaonline.bankganesha.co.id/ib/login (seterusnya disebut web G-online) atau melalui aplikasi BANGGA.

 

2. Apa manfaat menggunakan G-online dan BANGGA ?

  • Khusus untuk layanan G-online dapat diakses melalui web browser dan untuk layanan BANGGA hanya dapat diakses melalui gadget/smartphone berbasis Android/iOS
  • Nasabah dapat dengan mudah dan aman bertransaksi dimanapun dan kapanpun
  • Dapat menghemat waktu bertransaksi tanpa harus datang dan mengangantri ke Cabang Bank Ganesha
  • Dapat melakukan transaksi transfer, pembayaran dan pembelian, cek saldo, cek mutasi rekening dan pembukaan Deposito Berjangka

 

3. Apa syarat untuk dapat menggunakan layanan G-online?

  • Harus sudah menjadi nasabah Bank Ganesha
  • Memiliki rekening perorangan
  • Nomor handphone yang terdaftar
  • Kartu ATM (opsional) dan alamat email (opsional)
  • Khusus untuk transaksi perbankan melalui layanan G-online di desktop/PC harus menggunakan Soft Token pada aplikasi BANGGA.
  • Spesifikasi Gadget / Smartphone untuk mengunduh Layanan BANGGA:
          - Android : OS 6.0 ke atas
          - iOS        : iOS 12 ke atas

 

4. Bagaimana caranya agar Nasabah dapat  menggunakan layanan G-online?
Sebelum menggunakan layanan G-online, bagi nasabah yang memiliki kartu ATM dapat melakukan pendaftaran sendiri (self registration) melalui aplikasi BANGGA atau web G-online di: https://ganeshaonline.bankganesha.co.id/ib/login

Sedangkan bagi nasabah yang tidak memiliki kartu ATM dapat melakukan pendaftaran melalui Kantor Cabang Bank Ganesha terdekat, lalu melakukan proses aktivasi melalui web G-online di https://ganeshaonline.bankganesha.co.id/ib/login paling lambat 24 jam setelah registrasi di cabang.

Cara Pendaftaran Bagi Nasabah Pemilik Kartu ATM:
Pastikan nasabah sudah memiliki rekening di Bank Ganesha, kartu ATM, nomor handphone yang terdaftar dan terupdate di CIF (Customer Information File) Bank Ganesha sebelum melakukan pendaftaran. Apabila data tersebut ada yang tidak sesuai, Nasabah diminta untuk segera  melakukan pengkinian data, melalui petugas customer service di Kantor Cabang Ganesha.

  1. Buka aplikasi BANGGA, klik Login dan klik Registrasi

(atau akses ke web G-online di  https://ganeshaonline.bankganesha.co.id/ib/login )

  1. Klik pada link Registrasi. Pada halaman registrasi masukkan nomor rekening, nomor handphone dan PIN ATM serta kode keamanan kemudian klik Lanjutkan
  2. Jika data yang dimasukkan benar maka akan ditampilkan Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan G-online kemudian klik Setuju dan nasabah akan dialihkan ke halaman kode aktivasi
  3. Nasabah akan dikirimkan kode aktivasi ke nomor handphone yang terdaftar  lalu masukkan kode tersebut pada kolom Kode Aktivasi lalu klik Lanjutkan
  4. Jika kode aktivasi benar kemudian nasabah akan diminta memasukkan Username dan Password yang akan digunakan untuk login ke G-online dan BANGGA serta alamat email untuk notifikasi transaksi
  5. Selanjutnya nasabah otomatis login dan masuk ke halaman landing page G-online

(Pastikan log out terlebih dahulu setelah masuk ke halaman landing page untuk dapat melakukan aktivasi BANGGA)

  1. Setelah berhasil mengunduh dan melakukan instalasi jalankan aplikasi BANGGA untuk mengaktifkan pertama kalinya
  2. Lalu klik Request Activation Code dan selanjutnya masukkan Username serta Password yang sebelumnya telah dibuat di web G-Online kemudian klik Next
  3. Pada halaman selanjutnya klik Activation dan akan menampilkan Term & Conditions BANGGA lalu klik Next
  4. Selanjutnya akan ditampilkan halaman untuk melakukan aktivasi. Masukkan Username dan kode aktivasi yang telah dikirim ke nomor Handphone dan klik Next
  5. Pada halaman selanjutnya nasabah akan diminta untuk membuat Mobile PIN. PIN ini akan digunakan pada soft token ketika melakukan transaksi finansial di web G-online dan transaksi yang dilakukan di BANGGA. Rahasiakan selalu Mobile PIN Anda.
  6. Setelah berhasil membuat Mobile PIN maka proses aktivasi telah selesai dan nasabah dapat melakukan login ke aplikasi BANGGA

Cara Pendaftaran Bagi Nasabah yang Tidak Memiliki Kartu ATM:

  1. Melakukan pendaftaran di Kantor Cabang Bank Ganesha dengan melakukan pengisian formulir di Customer Service.
  2. Buka aplikasi BANGGA, klik Login dan klik Registrasi

(atau melalui akses ke web G-online di  https://ganeshaonline.bankganesha.co.id/ib/login )

  1. Klik pada link Aktivasi. Pada halaman aktivasi masukkan nomor rekening,  nomor handphone serta kode keamanan. Kemudian klik Lanjutkan
  2. Langkah berikutnya sama dengan poin 4-12 sesuai Cara Pendaftaran Bagi Nasabah Pemilik Kartu ATM

 

5. Jenis Rekening apa saja yang dapat digunakan untuk bertransaksi melalui G-online dan BANGGA?
Semua jenis rekening Tabungan dan Giro dapat digunakan untuk bertransaksi. Sedangkan rekening deposito dan pinjaman hanya dapat digunakan dalam melihat saldo

 

6. Transaksi apa saja yang dapat dilakukan di G-online dan BANGGA?

Transaksi Non-Finansial:

  • Portofolio rekening
  • Cek mutasi transaksi
  • Histori transaksi
  • Ganti password/email
  • Kirim pesan
  • Informasi lokasi cabang, ATM dan kurs
  • Fast Balance

Transaksi Finansial:

  • Transfer AntarBank Ganesha
  • Transfer BI-FAST
  • Transfer SKN/RTGS
  • Transfer online via jaringan ATM Bersama
  • Transfer Batch
  • Pembayaran tagihan
  • Pembelian voucher
  • Pembukaan deposito
  • Transfer ke Virtual Account Ganesha
  • Top Up GAJA, G-money, GoPay, OVO, DANA, LinkAja, ShopeePay
  • Pembayaran QRIS
  • Tarik Tunai Tanpa Kartu

 

7. Apabila nasabah melakukan kesalahan penginputan password apakah akan terblokir dan bagaimana cara melakukan pembukaan blokir tersebut?
Secara otomatis Username akan terblokir jika nasabah melakukan  kesalahan penginputan Password sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut. Nasabah dapat melakukan pembukaan blokir dengan datang langsung ke kantor Bank Ganesha terdekat atau dapat menghubungi Call Ganesha di 1500169

 

8. Apa ada perbedaan fitur transaksi antara G-online versi web dan BANGGA?
Berikut tabelnya:

Fitur

 G-online

(web)

BANGGA

Informasi Rekening:
- Portfolio
- Mutasi
- Histori transaksi
- Status transaksi terjadwal

Transfer AntarGanesha

Transfer SKN/RTGS

Batch Transfer

-

Transfer BI-FAST

Transfer online via jaringan ATM Bersama

Pembayaran tagihan

Pembelian pulsa

Pembukaan Deposito

Fast Balance

-

Fingerprint login

-

Kotak Pesan

Informasi Lokasi Cabang dan ATM

Top Up GAJA

Top Up G-money

Top Up GoPay, OVO, DANA LinkAja, ShopeePay

Pembayaran QRIS

-

Tarik Tunai Tanpa Kartu

-

 

9. Berapa biaya transaksi melalui G-online?
 

Fitur

Biaya

Informasi Rekening:
- Portfolio
- Mutasi
- Histori transaksi
- Status transaksi terjadwal

Gratis

Transfer AntarGanesha

Gratis

Transfer online via jaringan ATM Bersama

Rp 6.500

Transfer SKN

Rp 2.900

Transfer RTGS

Rp 30.000

Transfer BI-FAST

Rp 2.500

Pembayaran Tagihan:

   - Selular (Matrix)

   - Selular (HALO)

   - Selular (XL)

   - Selular (Smartfren)

   - Telkom

   - PDAM

   - Trans / Telkom Vision

   - MNC Vision

   - Donasi

   - Tiket KAI

 

Gratis

Rp 1.750

Rp 1.500

Gratis

Rp 3.000

Rp 3.000

Rp 3.000

Rp 3.000

Gratis

Gratis

Pembelian pulsa

Sesuai ketentuan masing-masing provider

Pembelian Tiket KAI

Rp 7.500

Pembayaran QRIS

Gratis

Pembukaan Deposito

Gratis

Fast Balance

Gratis

Top Up GAJA

Rp 700

Top Up G-money

Gratis

Top Up GoPay, DANA

Rp 2.000

Top Up OVO

Rp 1.500

(dikurangi dari nominal Top Up)

Top Up LinkAja

Rp 1.500

Top Up ShopeePay

Rp 2.000

(Sudah termasuk pengurangan Rp. 500 dari nominal Top Up)

Tarik Tunai Tanpa Kartu

Gratis

 

10. Berapa limit transaksi melalui G-online & BANGGA?

Tipe Limit Transaksi

 Min. Per Transaksi

Max. Per Transaksi Max. Harian

Pindah Buku

1

100.000.000

250.000.000

Transfer BI-FAST

10.000 250.000.000 250.000.000

Transfer Online

1

25.000.000

25.000.000

Transfer SKN

1

200.000.000

500.000.000

Transfer RTGS

100.000.001

200.000.000

500.000.000

Transaksi QRIS

1

2.000.000

25.000.000

Semua Pembelian

1

10.000.000

10.000.000

Semua Pembayaran

1

200.000.000

200.000.000

Penempatan Deposito

2.500.000

2.000.000.000

2.000.000.000

Tarik Tunai Tanpa Kartu

100.000 1.500.000 7.500.000

(nominal dalam Rp)

 

11. G-online dapat dipergunakan pada browser apa saja?
G-online dapat diakses  melalui seluruh browser, seperti: Edge, Mozzila Firefox, Google Chrome dan Apple Safari

 

12. Apa yang harus nasabah lakukan apabila lupa dengan Username dan Password ?

Bagi nasabah yang tidak memiliki kartu ATM harus datang langsung ke petugas Customer Service Ganesha di Cabang terdekat

Bagi nasabah yang memiliki kartu ATN nasabah dapat melakukan pengecekan username atau perubahan reset password di web G-online melalui link Lupa Password.

 

13. Bagaimana caranya nasabah dapat mengetahui apakah transaksi melalui G-online dan BANGGA telah berhasil?
Nasabah dapat melihat hasil transaksi pada menu Histori Transaksi dan juga mendapatkan konfirmasi transaksi melalui e-mail yang diterima oleh nasabah

 

14. Apakah transaksi yang nasabah lakukan di G-online dan BANGGA terjamin keamanannya?
Transaksi menggunakan G-online dan BANGGA akan terjamin keamanannya apabila nasabah dapat menjaga kerahasiaan atas User ID, Password dan Mobile PIN

 

15. Bagaimana cara pengamanan saat akan bertransaksi di G-online versi web?

• Disarankan menggunakan PC/ Laptop/Smartphone pribadi agar terjamin keamanannya
• Pastikan menggunakan alamat website resmi dari Bank Ganesha
• Jangan memberikan Username dan Password kepada oknum atau yang mengatasnamakan petugas Bank Ganesha melalui konfirmasi telepon, fax, dan email
• Pastikan setelah menggunakan layanan G-online dilanjutkan dengan melakukan aktivitas “Log Out”

 

16. Bagaimana cara pengamanan saat akan bertransaksi di BANGGA?

• Gunakan smartphone pribadi untuk mengunduh aplikasi BANGGA
• Jangan memberikan Username, Password dan Mobile PIN kepada oknum atau yang mengatasnamakan petugas Bank Ganesha melalui konfirmasi telepon, fax, dan email
• Pastikan pada saat melakukan transaksi memperoleh notifikasi “Transaksi berhasil” atau “Sukses”. Simpan nomor resi transaksi sebagai bukti transaksi
• Pastikan setelah menggunakan layanan BANGGA dilanjutkan dengan melakukan aktivitas “Log Out”

 

17. Apabila gadget/smartphone hilang atau melakukan penggantian, apa yang harus dilakukan oleh nasabah?
Nasabah dapat menghubungi Call Ganesha untuk melakukan pemblokiran layanan BANGGA dan melakukan pembukaan blokir melalui kantor cabang Bank Ganesha terdekat.

Atau nasabah dapat mengunduh, melakukan instalasi dan aktivasi kembali aplikasi BANGGA di smartphone yang baru, dimana secara otomatis aplikasi BANGGA pada smartphone yang lama tidak akan bisa digunakan kembali

 

18. Mengapa aplikasi BANGGA meminta aktivasi perangkat kembali?
Aktivasi perangkat diperlukan karena alasan berikut:

  • nasabah telah melakukan update versi aplikasi BANGGA yang terdapat perubahan yang cukup besar pada sistem dibanding versi sebelumnya
  • nasabah mengakses aplikasi melalui perangkat yang berbeda dari sebelumnya
  • nasabah install ulang aplikasi BANGGA

 

19. Dimana dapat melakukan penarikan transaksi Tarik Tunai Tanpa Kartu?
Transaksi Tarik Tunai dapat dilakukan di ATM Bank Ganesha terdekat (kecuali ATM setor tarik) dengan nominal kelipatan Rp 100.000

 

20. Berapa lama masa berlaku kode Tarik Tunai Tanpa Kartu?
Kode tarik tunai berlaku selama 30 menit

 

21. Bagaimana cara cek history transaksi Tarik Tunai Tanpa Kartu yang sudah pernah dilakukan?
History transaksi Tarik Tunai yang sudah pernah dilakukan dapat dicek pada menu Tarik Tunai kemudian pilih History Tarik Tunai

 

22. Apabila ada keluhan atau permasalahan mengenai layanan G-online dan BANGGA apa yang harus nasabah lakukan?
Nasabah dapat menguhubungi layanan Call Ganesha di 1500169