Tanya Jawab
G-online & BANGGA
1. Apakah yang dimaksud dengan layanan G-online dan BANGGA? G-online merupakan fasilitas layanan perbankan untuk nasabah Individu Bank Ganesha melalui jaringan Internet yang nyaman, aman, dimana saja dan kapan saja yang dapat mempermudah penggunanya untuk melakukan kebutuhan transaksi perbankan Anda.
BANGGA merupakan aplikasi mobile dimana nasabah dapat melakukan kebutuhan transaksi perbankan. Selain terdapat fitur G-online yang merupakan fasilitas layanan perbankan untuk nasabah Individu Bank Ganesha,aplikasi BANGGA juga memiliki fitur Feed, Games, G-money dan Info seputar produk Bank Ganesha.
G-online dapat diakses melalui halaman web di https://ganeshaonline.bankganesha.co.id/ib/login (seterusnya disebut web G-online) atau melalui aplikasi BANGGA.
2. Apa manfaat menggunakan G-online dan BANGGA ?
3. Apa syarat untuk dapat menggunakan layanan G-online?
4. Bagaimana caranya agar Nasabah dapat menggunakan layanan G-online? Sebelum menggunakan layanan G-online, bagi nasabah yang memiliki kartu ATM dapat melakukan pendaftaran sendiri (self registration) melalui aplikasi BANGGA atau web G-online di: https://ganeshaonline.bankganesha.co.id/ib/login
Sedangkan bagi nasabah yang tidak memiliki kartu ATM dapat melakukan pendaftaran melalui Kantor Cabang Bank Ganesha terdekat, lalu melakukan proses aktivasi melalui web G-online di https://ganeshaonline.bankganesha.co.id/ib/login paling lambat 24 jam setelah registrasi di cabang.
Cara Pendaftaran Bagi Nasabah Pemilik Kartu ATM: Pastikan nasabah sudah memiliki rekening di Bank Ganesha, kartu ATM, nomor handphone yang terdaftar dan terupdate di CIF (Customer Information File) Bank Ganesha sebelum melakukan pendaftaran. Apabila data tersebut ada yang tidak sesuai, Nasabah diminta untuk segera melakukan pengkinian data, melalui petugas customer service di Kantor Cabang Ganesha.
(atau akses ke web G-online di https://ganeshaonline.bankganesha.co.id/ib/login )
(Pastikan log out terlebih dahulu setelah masuk ke halaman landing page untuk dapat melakukan aktivasi BANGGA)
Cara Pendaftaran Bagi Nasabah yang Tidak Memiliki Kartu ATM:
(atau melalui akses ke web G-online di https://ganeshaonline.bankganesha.co.id/ib/login )
5. Jenis Rekening apa saja yang dapat digunakan untuk bertransaksi melalui G-online dan BANGGA? Semua jenis rekening Tabungan dan Giro dapat digunakan untuk bertransaksi. Sedangkan rekening deposito dan pinjaman hanya dapat digunakan dalam melihat saldo
6. Transaksi apa saja yang dapat dilakukan di G-online dan BANGGA? Transaksi Non-Finansial:
Transaksi Finansial:
7. Apabila nasabah melakukan kesalahan penginputan password apakah akan terblokir dan bagaimana cara melakukan pembukaan blokir tersebut? Secara otomatis Username akan terblokir jika nasabah melakukan kesalahan penginputan Password sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut. Nasabah dapat melakukan pembukaan blokir dengan datang langsung ke kantor Bank Ganesha terdekat atau dapat menghubungi Call Ganesha di 1500169
8. Apa ada perbedaan fitur transaksi antara G-online versi web dan BANGGA? Berikut tabelnya:
Fitur
G-online
(web)
BANGGA
Informasi Rekening: - Portfolio - Mutasi - Histori transaksi - Status transaksi terjadwal
√
Transfer AntarGanesha
Transfer SKN/RTGS
Batch Transfer
-
Transfer BI-FAST
Transfer online via jaringan ATM Bersama
Pembayaran tagihan
Pembelian pulsa
Pembukaan Deposito
Fast Balance
Fingerprint login
Kotak Pesan
Informasi Lokasi Cabang dan ATM
Top Up GAJA
Top Up G-money
Top Up GoPay, OVO, DANA LinkAja, ShopeePay
Pembayaran QRIS
Tarik Tunai Tanpa Kartu
9. Berapa biaya transaksi melalui G-online?
Biaya
Gratis
Rp 6.500
Transfer SKN
Rp 2.900
Transfer RTGS
Rp 30.000
Rp 2.500
Pembayaran Tagihan:
- Selular (Matrix)
- Selular (HALO)
- Selular (XL)
- Selular (Smartfren)
- Telkom
- PDAM
- Trans / Telkom Vision
- MNC Vision
- Donasi
- Tiket KAI
Rp 1.750
Rp 1.500
Rp 3.000
Pembelian Tiket KAI
Top Up GoPay, DANA
Top Up OVO
(dikurangi dari nominal Top Up)
Top Up LinkAja
Top Up ShopeePay
Rp 2.000
(Sudah termasuk pengurangan Rp. 500 dari nominal Top Up)
10. Berapa limit transaksi melalui G-online & BANGGA?
Min. Per Transaksi
Pindah Buku
1
100.000.000
250.000.000
Transfer Online
25.000.000
200.000.000
500.000.000
100.000.001
Transaksi QRIS
2.000.000
Semua Pembelian
10.000.000
Semua Pembayaran
Penempatan Deposito
2.500.000
2.000.000.000
(nominal dalam Rp)
11. G-online dapat dipergunakan pada browser apa saja? G-online dapat diakses melalui seluruh browser, seperti: Edge, Mozzila Firefox, Google Chrome dan Apple Safari
12. Apa yang harus nasabah lakukan apabila lupa dengan Username dan Password ?
Bagi nasabah yang tidak memiliki kartu ATM harus datang langsung ke petugas Customer Service Ganesha di Cabang terdekat
Bagi nasabah yang memiliki kartu ATN nasabah dapat melakukan pengecekan username atau perubahan reset password di web G-online melalui link Lupa Password.
13. Bagaimana caranya nasabah dapat mengetahui apakah transaksi melalui G-online dan BANGGA telah berhasil? Nasabah dapat melihat hasil transaksi pada menu Histori Transaksi dan juga mendapatkan konfirmasi transaksi melalui e-mail yang diterima oleh nasabah
14. Apakah transaksi yang nasabah lakukan di G-online dan BANGGA terjamin keamanannya? Transaksi menggunakan G-online dan BANGGA akan terjamin keamanannya apabila nasabah dapat menjaga kerahasiaan atas User ID, Password dan Mobile PIN
15. Bagaimana cara pengamanan saat akan bertransaksi di G-online versi web? • Disarankan menggunakan PC/ Laptop/Smartphone pribadi agar terjamin keamanannya • Pastikan menggunakan alamat website resmi dari Bank Ganesha • Jangan memberikan Username dan Password kepada oknum atau yang mengatasnamakan petugas Bank Ganesha melalui konfirmasi telepon, fax, dan email • Pastikan setelah menggunakan layanan G-online dilanjutkan dengan melakukan aktivitas “Log Out”
16. Bagaimana cara pengamanan saat akan bertransaksi di BANGGA? • Gunakan smartphone pribadi untuk mengunduh aplikasi BANGGA • Jangan memberikan Username, Password dan Mobile PIN kepada oknum atau yang mengatasnamakan petugas Bank Ganesha melalui konfirmasi telepon, fax, dan email • Pastikan pada saat melakukan transaksi memperoleh notifikasi “Transaksi berhasil” atau “Sukses”. Simpan nomor resi transaksi sebagai bukti transaksi • Pastikan setelah menggunakan layanan BANGGA dilanjutkan dengan melakukan aktivitas “Log Out”
17. Apabila gadget/smartphone hilang atau melakukan penggantian, apa yang harus dilakukan oleh nasabah? Nasabah dapat menghubungi Call Ganesha untuk melakukan pemblokiran layanan BANGGA dan melakukan pembukaan blokir melalui kantor cabang Bank Ganesha terdekat.
Atau nasabah dapat mengunduh, melakukan instalasi dan aktivasi kembali aplikasi BANGGA di smartphone yang baru, dimana secara otomatis aplikasi BANGGA pada smartphone yang lama tidak akan bisa digunakan kembali
18. Mengapa aplikasi BANGGA meminta aktivasi perangkat kembali? Aktivasi perangkat diperlukan karena alasan berikut:
19. Dimana dapat melakukan penarikan transaksi Tarik Tunai Tanpa Kartu? Transaksi Tarik Tunai dapat dilakukan di ATM Bank Ganesha terdekat (kecuali ATM setor tarik) dengan nominal kelipatan Rp 100.000
20. Berapa lama masa berlaku kode Tarik Tunai Tanpa Kartu? Kode tarik tunai berlaku selama 30 menit
21. Bagaimana cara cek history transaksi Tarik Tunai Tanpa Kartu yang sudah pernah dilakukan? History transaksi Tarik Tunai yang sudah pernah dilakukan dapat dicek pada menu Tarik Tunai kemudian pilih History Tarik Tunai
22. Apabila ada keluhan atau permasalahan mengenai layanan G-online dan BANGGA apa yang harus nasabah lakukan? Nasabah dapat menguhubungi layanan Call Ganesha di 1500169